Spensasi (27/03) SMP Negeri 1 Situraja pada hari Rabu dan Kamis tanggal 20 – 21 April 2024 mengadakan In House Training (IHT). IHT pada kali ini mengambil tema tentang Pengelolaan Kinerja Guru. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Multimedia dengan Narasumber yaitu Bapak Yusep Hadianto, S.Pd. M.M dan Bapak Darwita, S.Pd, serta diikuti oleh seluruh guru SMP Negeri 1 Situraja. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru terkait Pengelolaan Kinerja Guru dalam Platform Merdeka Mengajar.

Dalam pelaksanaan IHT terdapat beberapa kegiatan. Dimulai dengan pemaparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan diskusi dan kolaborasi antar guru. Hari pertama pelaksanaan IHT materi yang disampaikan yaitu tentang kesepakatan kelas. Mulai dari pentingnya membuat kesepakatan kelas sampai cara membuat kesepakatan kelas. Di hari kedua, materi yang disampaikan yaitu Komunikasi Positif Untuk Membangun Suasana Kelas Yang Kondusif. Dalam materi kedua ini, guru belajar tentang bentuk komunikasi yang ideal antara guru dengan peserta didik, komunikasi yang memberdayakan, serta membuat i-message, dimana dengan i-message guru belajar menyatakan kepada anak tentang bagaimana perasaan guru terhadap perilaku anak melalui sikap yang menghargai.

Dengan adanya IHT tentang kesepakatan kelas dan komunikasi positif, diharapkan guru bisa meningkatkan kompetensinya. Dengan tujuan akhirnya yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.